7 Satelit Indonesia yang Mengorbit Sampai Saat Ini

satelit indonesia mengorbit
satelit indonesia mengorbit

Menurut bandarbolasbobet kalau bicara soal satelit tentu yang langsung anda ingat ialah satelit palapa. Satelit palapa ini memang jadi di antara satelit yang dapat dibanggakan oleh Indonesia. Tapi tahu enggak sih kini sudah terdapat 7 satelit Indonesia yang berhasil mengorbit di luar angkasa?

1. Telkom 3S
Satelit Indonesia sangat baru yang sukses mengorbit semenjak tanggal 15 Februari 2017 ini ialah milik Telkom Indonesia. Satelit Telkom 3S inidikenalkan di Guiana Space Center, Kourou, Guyana Prancis. Satelit ini rencananya akan menolong meningkatkan kualitas jaringan komunikasi di Indonesia. Satelit Telkom 3S ini rencananya akan menambah kualitas siara televisi berbobot | berbobot | berkualitas tinggi, layanan komunikasi seluler, komunikasi bisnis, jaringan ATM, dan broadband internet. Satelit yang dipunyai Indonesia ini rencananya akan berhasil mengorbit 23 Februari 2017.

2. BRIsat
Pernah dengar satelit BRIsat? Satelit ini dikenalkan oleh di antara bank Indonesia yakni BRI. Peluncuran satelit BRI ini jugs mencetak sejarah baru sebab menjadi satu-satunya bank di dunia yang mengenalkan satelit. BRIsat ini akan menolong operasional perbankan BRI demi menambah kualitas pelayanan yang mempunyai lebih dari 10.600 cabang operasional dan 53 juta pelanggan di semua Indonesia. Peluncuran satelit BRI ini dilakuakan pada 18 Juni 2016 di Guyana Perancis.

3. Indostar II
Satelit Indonesia kepunyaan MNC Sky Vision dikenalkan pada Mei 2009kemudian di Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan. Satelit ini dikenalkan setelah satelit Indostar I berakhir masa orbitnya. Indostar II membawa 22 transponder Ku-Band dan 10 trasnponder S-Band untuk menyerahkan jaringan penyiatan DTH atau direct to home. Satelit Indostar II ini jugadikenalkan dengan memperkuat jasa telekomunikasi dan internet broadband.

4. Lapan A2
Ternyata Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pun pernh merakit satelit Indonesia loh. Satelit LAPAN A2 ialah saterlit teranyar yang telah berhasi dirakit oleh LAPAN namun sayangnya peluncurannya belum dapat di Indonesia. LAPAN A2 dikenalkan pada September 2015 di Sriharikota, India. LAPAN A2 punya tujuan untuk mengerjakan pengamatan bumi, pengawasan kapal dan komunikasi radio amatir. Satelit produksi LAPAN ini pun dilengkapi dengan Automatic Packer Reporting System yangdapat mendukung komunikasi guna penangan bencana.

5. Telkom 2
Satelit Telkom 2 dikenalkan pada 16 November 2005 sudah berakhir masa orbitnya dan kini digantikan oleh Telkom 3S yang baru dikenalkan tahun ini. Satelit Telkom 2 ini juga dipunyai oleh Telkom Indonesia yangkegunaannya menyediakan layanan TV, telepon, dan Internet di distrik Indonesia, Asia Tenggara dan Asia Selatan.

6. Lapan A3
LAPAN A3 juga diciptakan oleh LAPAN yang berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Enggak jauh bertolak belakang dengan LAPAN A2, LAPAN A3 juga dikenalkan di Srihari kota, India. LAPAN A3 dikenalkan dengan menumpang roket kepunyaan India pada 22 Juni 2016. Satelit LAPAN A3 ini mempunyai misi guna mengindentifikasi kapan pencuri ikan. Walaupun komponen di satelit LAPAN A3 ini masih dari luar negeri, satelit yang satu ini murni diciptakan di dalam negeri.

7. Palapa D
Satelit Indonesia Palapa barangkali menjadi di antara satelit yangsangat dikenal. Palapa D ialah salah satu satelit komunikasi geostationer yang dioperasikan oleh Indosat. Satelit Palapa D dikenalkan di Cina pada 31 Agustus 2009. Sayangnya Palapa D terbit orbit dankesudahannya hanya dapat mengorbit sekitar 10 tahun saja.

Tujuh satelit luar antariksa milik Indonesia ini memang belum pernahdikenalkan di Indonesia. Semoga aja ya Indonesia dapat cepatmengenalkan dan merakit satelit sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *