Nintendo Labo Memadukan Serunya Bermain Game

Nintendo Labo bukan sekedar periferal kardus yang dirancang untuk menambah keseruan bermain Nintendo Switch. Salah satu komponen urgen dalam Labo malah tidak mempunyai wujud jasmani sama sekali. Komponen itu adalah software bernama Toy-Con Garage, yang dirancang untuk mempermudah konsumen memprogram mainan kardusnya.

Toy-Con Garage sejatinya memungkinkan kita guna merancang periferal maupun permainan baru guna Switch. Contoh terbaiknya dapat kita lihat dari sebanyak pemenang Nintendo Labo Creators Contest baru-baru ini. Dua yang paling unik di antaranya ialah Labo Tea Time rancangan Joseph France dan Solar-Powered Cardboard Accordion rancangan Momoka Kinder.

Labo Tea Time menyuruh kita bermain sebagai pelayan di suatu kedai teh dengan model gameplay ala game time management. Controller-nya adalahsebuah Joy-Con yang disembunyikan di dalam teko berbahan kardus. Buka tutupnya untuk memenuhi teh,Tempatbet55 kemudian miringkan guna menuang ke cawan yang akan dihidangkan ke konsumen.
Permainan ini bahkan mempunyai mode multiplayer yang mesti dimainkan oleh dua orang. Komunikasi verbal jelas paling dibutuhkan, dan situasinya tidak cukup lebih sama kacaunya laksana memainkan game Overcooked, walau tanpa grafis yang menarik.

Solar-Powered Cardboard Accordion di sisi lain paling unik sebab idenya yang begitu orisinil. Secara teknis akordion kardusnya di sini bukan ditenagai oleh sinar surya, melainkan melulu mendeteksi apakah terdapat cahaya yang masuk atau tidak.

Tutup lubang-lubang di di antara sisinya itu, maka sebanyak nada bakal dibunyikan. Di sisi satunya, terdapat tiga tombol di layar Switch guna menaik-turunkan oktaf. Terakhir, lipatan-lipatan kertas yang menyusun bodi akordion dapat dipanjang-pendekkan guna menaik-turunkan volume.

Ada sejumlah hal yang menciptakan Nintendo Switch sukses: ekuilibrium antara penyajian ala home console konvesional dengan handheld, game-game eksklusif memukau, serta sokongan dari developer-developer third-party. Namun penerapan konsep hybrid yang diangkat Switch ternyata lebih luas lagi, tak melulu sekadar mengombinasi rancangan console dan sistem game portable.

Minggu lalu, Nintendo pulang menyingkap usulan inovatif berhubungan Switch. Perusahaan hiburan asal Jepang tersebut mengumumkan Nintendo Labo, yakni sebuah platform game sekaligus mainan konstruksi berbasis kardus. Labo memungkinkan kedua unsur ini saling menyokong serta tersambung. Lewat platform unik ini, Nintendo bermaksud guna mengajarkan para user muda prinsip dasar fisika dan ilmu rancang-bangun.

Labo terdiri dari dua bagian. Bagi menikmatinya, saya dan anda butuh membeli Labo Kit terlebih dulu. Isinya terdiri dari mainan kardus ‘Toy-Con’ yang butuh dirakit. Toy-Con ialah periferal kendali pilihan dari Joy-Con Tempatbet55 dengan wujud bervariasi: terdapat yang serupa rumah mini, setang motor, piano, sampai tongkat pancing. Setelah berlalu dirakit, kita perlu mencantumkan bagian tablet Switch dan controller Joy-Con ke slot yang tersedia.
Masing-masing Toy-Con bekerja dan berinteraksi secara bertolak belakang dengan Switch serta Joy-Con. Misalnya: Toy-Con piano memanfaatkan sensor inframerah di Joy-Con kanan untuk memahami nada yang sedang dimainkan, lantas Toy-Con robot memakai fitur HD Rumble guna bergerak, dan dikendalikan lewat layar sentuh. Tentu saja Anda dilepaskan untuk mendekorasi sisi luar Toy-Con memakai spidol warna, cat serta stiker.

reggie Fils-Aimé selaku presiden Nintendo Amerika mengakui bahwa Labo adalahproyek yang sungguh-sungguh baru untuk mereka, didesain khusus bikin anak-anak dan ‘para gamer berjiwa muda’. Labo ditunjang oleh software edukatif berisi petunjuk merakit Toy-Con serta penjelasan teknik kerja mainan secara sederhana, misalnya mengindikasikan bagaimana sensor inframerah beroperasi.

Saat ini Nintendo telah meluangkan dua opsi Labo Kit, yaitu Variety Kit dan Robot Kit. Variety Kit adalahbundel Toy-Con lengkap, terdiri dari sejumlah lembar kardus, stiker, spons, tali dan karet untuk membuat rumah, setang motor, joran pancing dan lain-lain. Robot Kit sendiri memungkinkan Anda menciptakan visor serta tas, mengolah pemain jadi robot penghancur.

Kedua varian Labo Kit sudah dapat di-pre-order, akan terdapat pada tanggal 20 April nanti ekuivalen US$ 70 dan US$ 80.

Di samping kedua pilihan di atas, saya berpendapat bahwa di masa-masa ke depan, Nintendo akan mengenalkan lebih tidak sedikit variasi dari Labo Kit. Saya sendiri penasaran seberapa powerful dan efektif-kah pemakaian bahan kardus sebagai unit controller/aksesori game.

Kedua proyek ini sama-sama diciptakan menggunakan Toy-Con Garage, dan siapapun sebetulnya juga dapat menciptakan permainan yang sama melulu dengan bermodalkan sebanyak ketekunan. Pun begitu, mereka yang sukses memenangkan kontes ini dengan ide-ide orisinilnya layak menerima hadiah khusus yang super-unik berupa Nintendo Switch bertajuk kardus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *